Home / Info Akademik / Program Studi Manajemen, Universitas Karya Persada Muna (UKPM) menggelar kegiatan penataran bidang pemasaran di Desa Lakarinta (Pantai Maleura)

Program Studi Manajemen, Universitas Karya Persada Muna (UKPM) menggelar kegiatan penataran bidang pemasaran di Desa Lakarinta (Pantai Maleura)

UKPM

Desa Lakarinta, 19 Mei 2024Program Studi Manajemen, Universitas Karya Persada Muna (UKPM) menggelar kegiatan penataran bidang pemasaran selama kurang lebih 2 jam, pada hari Ahad, 19 Mei 2024. Dengan mengangkat tema “analisis marketing mix dan peluang/tantangan di era digital di Lingkungan Wisata Pantai Meleura”, kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu aktualisasi tri dharma perguruan tinggi dalam dimensi “pengabdian pada Masyarakat”. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 pelaku usaha mikro kecil yang berada di obyek wisata Pantai meleura, desa Lakarinta. Turut serta hadir kepala desa Lakarinta, Bapak La Falahudin beserta perwakilan tokoh Masyarakat sebagai apresiasi atas inisiatif UKPM selaku penyelenggara kegiatan.

Civitas akademika UKPM pun turut memberi atensi dalam kegiatan ini, setidaknya ada sekitar 53 orang mahasiswa Program Studi S1-Manajemen, Fakultas Manajemen dan Bisnis UKPM serta 11 orang dosen mengambil bagian sebagai partisipan kegiatan. Dalam pelaksanaannya terjadi sharing session bersama para pelaku usaha mikro kecil. Beberapa hal yang menjadi catatan yaitu tantangan bisnis yang dihadapi oleh para pelaku usaha di lingkungan obyek wisata Pantai meleura. Tantangan ini muncul karena berkurangnya pengunjung di obyek wisata tersebut akhir-akhir ini. Menurut para pelaku usaha, menurunnya jumlah wisatawan dibanding periode-periode yang lalu, turut menurunkan omzet usaha mereka, karena notabene kebanyakan pelaku usaha tersebut melakukan kegiatan jual beli kuliner dengan wisatawan sebagai pasar sasarannya. Menurut para pelaku usaha, menurunnya wisatawan mungkin disebabkan oleh berkurangnya wahana sebagai atribut wisata di Pantai Meleura. Disamping itu, kurangnya aktivitas promosi wisata oleh pemangku kepentingan mungkin turut mempengaruhi turunnya minat berwisata di Pantai meleura.

Dalam kegiatan ini para pelaku usaha mendapatkan pembekalan mengenai strategi-strategi pemasaran sederhana yang dapat diaplikasikan dalam bisnisnya, mulai dari dasar-dasar penetapan harga hingga kiat-kiat promosi di era digital. Gugus Patriot Indasa, salah satu mahasiswa Program Studi S1-Manajemen UKPM yang turut hadir sebagai partisipan juga menawarkan dukungan kepada para pelaku usaha yang hadir untuk dibantu dalam Upaya promosi bisnisnya, melalui editing video dan penyebarluasan melalui platfrom media sosial. Ide ini disambut oleh antusiasme para pelaku usaha yang merasa di-support oleh civitas akademika UKPM.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan praktik mini riset pemasaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebanyak 53 mahasiswa Program Studi S1-Manajemen UKPM melakukan pengambilan data primer dengan instrumen wawancara kepada para pelaku usaha yang hadir. Diharapkan melalui kegiatan ini, pertukaran gagasan antara teori dan praktik terjadi dalam bingkai ruang ilmiah. Kegiatan ini ditutup dengan agenda makan siang bersama para peserta kegiatan untuk lebih memperkuat tali silaturahmi antar civitas akademika dan Masyarakat setempat.

Dengan terselenggaranya kegiatan pengabdian Masyarakat ini, UKPM berharap dapat terus menjalin komunikasi dan silaturahmi Bersama stakeholder desa sehingga gagasan-gagasan cemerlang dalam Pembangunan desa ke depan dapat Bersama-sama dilakukan secara kolaboratif.